4 Daftar Tempat Wisata Terkenal di Sulawesi Barat

Tempat Wisata Tekenal

1. Air Terjun Tamasapi

Objek wisata air agaknya mendominasi di Sulawesi Barat. Selain eksistensi pulau yang paling indah, wisatawan pun akan dimanjakan oleh kehadiran air terjun yang tidak kalah menawan. Air Terjun Tamasapi yang berasal dari aliran air sungai tamasapi di kecamatan Mamuju, tepatnya di kampung Tamasapi. Bagi mencapainya kamu melulu perlu berlangsung kaki sejauh 1 km mengarah ke air terjun. Perjalananmu tidak bakal terasa membosankansebab kamu dapat melihat pemandangan estetis selama perjalanan.

Tempat Wisata Tekenal
Tempat Wisata Tekenal

Dilansir situs agen ibcbet terpercaya dan terbesar 2019 Air Terjun Taasapi ini mempunyai terjunan yang lumayan deras disertai dengan angin kencang yang akan menciptakan Anda terpesona. Sampai ketika ini, air terjun ini menjadi di antara pilihan wisata warga lokal maupun luar kota sebab akses untuk mengarah ke objek wisata ini sudah dibetulkan hal ini dapat mempermudah pengunjung guna menempuh lokasi. Suasana alam di objek wisata ini masih paling alami, pohon-pohon yang besar menutupi selama air terjun, urusan ini memunculkan kesegaran alami.

2. Anjoro Pitu

Anjoro Pitu yang dengan kata lain Kelapa Tujuh merupakan objek wisata yang menawarkan daya tarik perbukitan dimana kamu dapat menikmati keindahan kota Mamuju. Anjoro Pitu yang terletak di unsur timur kota Mamuju, paling direkomendasikan untuk anda yang gemar jalan-jalan di malam hari, sebab pemandangan di Anjoro Pitu dilengkapi oleh lampu-lampu kota tampak estetis bak berlian menghiasi malam Mamuju.

Akses guna menuju area ini, dapat memakai kendaraan roda dua maupun roda empat dan di perlukan kemahiran dalam berkendara karena Anda akanmelewati medan yang menajak. Kawasan ini tidak jarang menjadi salah satuarea yang tidak jarang dikunjungi oleh warga Kota Mamuju maupun pendatang dari luar kota untuk menonton langsung pemandangan sudut kota Mamuju.

3. Landmark Mamuju

Barisan perbukitan yang diselimuti pepohonan hijau ala Hollywood pun ada di kota Mamuju. Landmark ala Hollywood ini mendapat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai landmark terpanjang dengan panjang 160 meter dan tinggi 16 meter pada HUT RI ke-69. Tempat ini tak boleh dilewatkan walau melulu sekedar guna berfoto.

Landmark ini ternyata sedang di seberang lokasi tinggal dinas Bupati Mamuju yang dikenal dengan sebutan Sapota. Uniknya lokasi tinggal Bupatisedang di puncak bukit. Jika kita datang ke tempat ini kita akanmenonton panorama yang indah, unik, dan tiada duanya. Dari area inikita dapat menyaksikan seantero Kota Mamuju. Sejauh mata memandang terlihat gundukan tanah dan hamparan birunya lautan.

4. Pesta Pattudu

Saat berwisata ke Sulawesi Barat, usahakanlah pada masa-masa bulan Maulid. Biasanya bakal ada acara Pesta Pattuddu atau dengan nama beda Sayyang Pattuddu’. Pesta ini adalah sebuah acara yang dilaksanakan untuk anak-anak yang khatam Al-Qur’an. Pada lazimnya Pesta Pattuddu dilakukan per Desa ata per Kecamatan dengan jumlaah peserta yang berbeda-beda. Penduduk Sulawesi Barat sendiri menyinggung ritual pesta Pattudu dengan Sayyang Pattuddu’ (kuda menari). Sayyang Patuddu’ dirayakan untukmengenang keberhasilan anak muda suku Mandar yang telah menghafalkan al-Qur’an. Jika kita beruntung sedang di Sulawesi Barat pada bulan Maulid, maka Anda bakal bersitatap dengan hingar-bingarnya pesta Pattudu yangdiselenggarakan oleh tiap desa di Mandar.

Keistimewaan dari acara ini ialah ketika puncak acara khataman al-Qur’an dengan melangsungkan pesta adat dengan dayatarik tersendiri. Acara inidisemarakkan dengan arak-arakan kuda mengelilingi desa yang dikendarai oleh anak-anak yang khatam al-Qur’an. Setiap anak mengemudikan kuda yangtelah dihias dengan sedemikian rupa. Selain tersebut kuda-kuda yangmengekor acara ini telah diajar untuk mengekor irama musik tabuhan rebanan.

Leave a Comment