4 Destinasi Wisata Kuliner di Solo yang Populer

Wisata Kuliner di Solo

Jika Anda berangjangsana ke kota Solo dan kita tidak merasakan keragaman kulinernya, maka akan paling disayangkan sekali. Kalau bisa,andai Anda berangjangsana ke lokasi ini, janganlah sarapan pagi dengan roti dan selai. Bahkan guna menu sarapan saja pelbagai menu yang ditawarkan kota ini guna Anda.

Sempatkan berkeliling dan menikmati sekian banyak macam kekayaan kuliner khas kota ini sampai-sampai bahkan melulu dari satu kota ini saja Anda bakal menyadari alangkah kayanya keragaman kuliner negeri kita. Bersama ini kami antar Anda mendatangi tempat-tempat wisata kuliner di kota Solo yang istimewa :

 

1. Tengkleng Bu Edi

Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Sebagian besar Anda tentu sudah paling mengakrabi nama masakan ini, meskipun barangkali ada yang belum pernah mencobanya. Jika kebetulan berangjangsana ke Solo, silahkan mampir ke Pasar Klewer dimana di tempat ini kita akan mengejar Warung Tengkleng Bu Edi yang spektakuler laris.

Bahkan pada ketika belum jam bukan sekalipun, pengunjung sudah berjajar mengantri. Tengkleng ialah masakan dengan bumbu yang serupa denga gulai tetapi lebih encer mengandung tulang, kaki, kepala dan jeroan kambing.

Menurut situs daftar agen ibcbet terpercaya dan terbaik sejak tahun 2009 Bu Edi meneruskan usaha ini semenjak neneknya mulai berjualan keliling Pasar Klewer pada tahun 1971. Saat ini, Bu Edi mempunyai lapak menetap di gapura Pasar Klewer diantara tempat Pasar Klewer dan Masjid Agung dan buka masing-masing jam 12.00 siap. Dagangannya dapat ludes melulu dalam masa-masa 3-4 jam sebenarnya ia menyediakan tidak cukup lebih 300 porsi masing-masing hari. Bagi satu porsi atau satu pincuk Tengkleng, Anda mesti menunaikan Rp.25.000.

 

2. Sate Buntel Mbok Galak

Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Kita berpindah ke hidangan yang digemari Presideng RI semenjak masa Presiden Soeharto sampai Joko Widodo. Para pejabat negara ini memang menyenangi masakan Sate Kambing, Sate Buntel dan Tengkleng olahan tempat santap ini meskipun memang yang sangat dikenal ialah sate buntelnya.

Berlokasi di Jl.Mangun Sarkoro 122, Sumber, Banjarsari, warung ini buka semenjak jam 18.00 petang. Bagi 2 tusuk sate Buntel Anda mesti menunaikan Rp.35.000 begitu pula dengan 10 tusuk sate domba dan tongseng. Sementara guna tengkleng dan gule satu porsinya ialah Rp.20.000.

Sate buntel ialah sate domba cacah yang dibalut dengan lemak daging, dililit pada sebilah bambu. Saat digigit dagingnya sangat lunak dan tidak berbau prengus. Makanan ini disajikan bareng bumbu kuah kecap, bawang merah, kol, irisan heruk nipis dan cabe. Diterangkan bahwa bau prengusdomba tidak terhirup dan daging juga lunak karena guna hidangan ini disiapkan domba yang usianya masih selama 1 tahun.

 

3. Nasi Liwet Wongso Lemu

Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Kurang afdol rasanya andai Anda ke Solo tanpa merasakan hidangan Nasi Liwet. Hidangan ini tidak sedikit Anda jumpai di pinggir jalan atau di pusat jajan, tetapi yang sangat terkenal ialah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang terletak di Jl. Teuku Umar, Keprabon, meskipun memang harganya lebih mahal daripada Nasi Liwet jalanan.

Harga satu porsi Nasi Liwet biasa ialah Rp.19.000 sementara Nasi Liwet komplit dilengkapi ati ampela dihargai Rp.22.000. Bisnis kuliner yang satu ini telah dibuka sejak tahun 1950 sampai kini masih ramai oleh pengunjung, lagipula penjualnya mengenakan kebaya sehingga meningkatkan suasana tradisional paling terasa.

Nasi liwet ialah perpaduan antara nasi gurih, dengan lauk telur rebus, areh yang terbuah dari santan yang lezat, sayur labu pedas manis disertai suwiran ayam rebus. Sangat sesuai jika dinikmati di malam hari ditemani musik dari musisi jalanan di Solo. Daun pisang dan pincuk yang menjadi pengganti piring dan sendok malah menambah nikmatnya rasa hidangan ini. Jika berminat, kita dapat berangjangsana mulai jam 16.00 sore sampai jam 01.00 dini hari.

 

4. Warung Pecel Bu Kis

Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Apakah kita pernah mendengar Pecel Tumpang? Di lokasi inilah kita dapat mendapat hidangan yang nikmat ini. Tempat ini menyajika pecel tetapi dengan bumbu sambal tumpeng berbahan utama tempe busuk yang pedas gurih.

Di samping dapat merasakan menu utamanya, Anda pun dapat merasakan makanan kecil atau lauk penyokong seperti tahu goreng, tahu putih, tempe busuk, empal, ati, kikil, mendoan dan beda sebagainya.

Bagi yang punya minat mengunjungi lokasi yang sudah berdiri semenjak 1950-an ini, silahkan datang mulai jam 07.00 pagi sampai 14.00 siang. Tempat santap ini bertempat di belakang pengadilan Solo atau tepatnya di Jl. Glege, Priyobadan deng harga yang lumayan terjangkau.

 

Leave a Comment